Kamis, 02 November 2017

Palangka Raya

palangka raya informasi

Palangka Raya adalah ibukota provinsi Kalimantan Tengah. Tjilik Riwut merupakan nama bandara (airport) di kota cantik ini. Palangka Raya hingga saat ini baru memiliki sebuah Mall yang bernama Palma (Palangka Raya Mall) berada tepat di seberang Bundaran Besar yang juga tengah pusat kota. Satu gedung dengan Palma juga terdapat Neo Hotel, dimana hotel ini merupakan salah satu hotel yang ramai penghuninya selain Aquarius dan Swiss-Belhotel Danum. Selain hotel bioskop Cinema 21 juga berada satu gedung dengan Palma.

Ikon kota Palangka Raya yaitu Bundaran Besar, banyak bangunan yang berada di pusat kota ini. Seperti Rumah Jabatan Gubernur, Gedung Batang Garing, Palangka Raya Mall dan Gedung Koni. Di sore hari, bundaran besar dijadikan arena olahraga bagi warga masyarakat seperti Jogging dan Bermain Sepakbola. Tidak hanya itu, berbagai komunitas (community) menjadikan bundaran besar sebagai tempat berkumpul. Pada malam hari, disekitarnya juga terdapat hiburan malam yaitu banyaknya penjual makanan minuman, angkringan yang menggunakan konsep ‘Food Truck’.

Tidak jauh dari pusat kota terdapat hiburan malam lainnya yaitu Pujasera. Palangka Raya surganya kuliner, anda bisa menemukan berbagai jenis makanan mulai dari tradisional sampai yang kekinian. Pusat kuliner terdapat di ruas jalan Yos Sudarso, jalan ini merupakan salah satu jalan terpadat yang ada. Banyak ditemukan warung tenda, baik itu cafe pinggir jalan dan warung makan. Penjualnya kebanyakan berasal dari Pulau jawa, tidak heran mengapa banyak ditemukan warung yang menjual makanan seperti Pecel Lele, Ayam Kalasan, Sate Ayam. Ini dikarenakan masih banyaknya lowongan pekerjaan dan peluang kerja yang tersedia.

Makanan khas yang bisa anda coba di Palangka Raya ada Juhu Umbut Rotan, Juhu Kujang, Kalumpe, Wadi, Ikan Bakar, Keripik Kalakai. Makanan tersebut tersedia di rumah makan tradisional khas Kalimantan Tengah yang bernama Rumah Makan Samba, beralamat di jalan RTA Milono. Selain itu anda juga dapat menemukan dengan mudah makanan khas daerah lain di Indonesia seperti Soto Banjar, Coto Makassar, Es Palubutung, Es Pisang Ijo, Bubur Manado, Mie Aceh, Sate Padang, Rumah Makan Padang, Bakmi Jawa / Godog. Untuk makanan yang kekinian dan restoran cepat saji di kota Palangka Raya terdapat Pizza Hut, KFC, Belaria Suki Resto dan Tomodachi (makanan khas jepang), Rocket Chicken, Texas Fried Chicken.

Pemesanan dan pembelian makanan dan minuman di kota Palangka Raya semakin dimudahkan dengan hadirnya layanan transportasi online. Tidak kalah dengan kota besar lainnya, di Palangka Raya saat ini terdapat beberapa jasa ojek online yaitu Mesanih, Neojek dan Eljek. Jasa layanan online ini didirikan oleh orang lokal Palangka Raya. 'Demam' startup yang sedang berkembang menjadi alasan berdirinya layanan tersebut. Selain layanan ojek online, Palangka Raya juga mulai hadir beberapa startup lokal. Startup lokal tergabung dalam komunitas Technopreneur Palangka Raya.

Bagi anda yang ingin memulai Bisnis, peluang bisnis masih terbuka lebar di kota Palangka Raya, karena kota ini masih terus berkembang. Terlebih beberapa tahun terakhir, ada wacana pemindahan Ibukota Negara ke Kalimantan Tengah. Sebagai calon ibukota, Palangka Raya semakin ramai dengan banyaknya pebisnis-pebisnis baru, kedai franchise mulai bermunculan setelah sebelumnya franchise besar Excelso dan Coffee Toffee dahulu hadir kemudian di susul oleh J.Co Donuts & Coffee yang gerainya berada di lantai dasar Palangka Raya Mall. Dan akan segera dibuka juga Richeese Factory yang beralamat di Palangka Raya Mall (Palma).

Anda yang gemar membaca dan ingin mencari toko buku, terdapat beberapa toko buku seperti Karisma, Salemba dan Gramedia Exhibition. Terdapat lembaga pendidikan di Palangka Raya. Eltibiz (Lembaga Teknologi dan Bisnis), LP3i, Duta Komputer, Bimbingan belajar Primagama, Eduprana dan Akubisa.id.

Akses menuju kota Palangka Raya yang berada di tengah pulau Kalimantan terbilang mudah. Lewat jalur darat Palangka Raya terhubung dengan 13 kabupaten di Kalimantan Tengah, dan Provinsi Tetangga (Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat).

Berikut ini jarak dari kota Palangka Raya ke semua kabupaten di Kalimantan Tengah :
  1. Palangka Raya - Kasongan (Kab. Katingan) = 88 KM
  2. Palangka Raya - Pulang Pisau (Kab. Pulang Pisau) = 98 KM
  3. Palangka Raya - Kuala Kapuas (Kab. Kapuas) = 142 KM 
  4. Palangka Raya - Kuala Kurun (Kab. Gunung Mas) = 180 KM 
  5. Palangka Raya - Buntok (Kab. Barito Selatan) = 183 KM
  6. Palangka Raya - Sampit (Kab. Kotawaringin Timur) = 227 KM 
  7. Palangka Raya - Tamiang Layang (Kab. Barito Timur) = 276 KM 
  8. Palangka Raya - Muara Teweh (Kab. Barito Utara) = 326 KM
  9. Palangka Raya - Puruk Cahu (Kab. Murung Raya) = 411 KM 
  10. Palangka Raya - Pangkalan Bun (Kab. Kotawaringin Barat) = 449 KM 
  11. Palangka Raya - Kuala Pembuang (Kab. Seruyan) = 457 KM 
  12. Palangka Raya - Nanga Bulik (Kab. Lamandau) = 559 KM 
  13. Palangka Raya - Sukamara (Kab. Sukamara) = 686 KM

data diurutkan dari jarak terdekat yaitu Kabupaten Katingan yang dapat ditempuh dalam waktu 2 jam hingga yang terjauh Kabupaten Sukamara 12 jam.

Sementara itu apabila dari provinsi lain, Dari Banjarmasin anda bisa naik Bus / Mobil Taksi Travel (minibus), perjalanan sekitar 3,5 Jam. Dari Balikpapan untuk sampai ke Palangka Raya rutenya terbilang panjang karena harus melewati provinsi Kalimantan Selatan terlebih dahulu. Tidak ada angkutan transportasi langsung dari Balikpapan ke Palangka Raya atau sebaliknya. Karena semua transit di Banjar Masin dan ganti model kendaraan. Balikpapan ke Banjarmasin tersedia Angkutan Bus antar Provinsi, perjalanan yang ditempuh sejauh 490 KM dan memakan waktu sekitar 12 jam. Jadi bisa dibayangkan waktu tempuh perjalanan darat dari Balikpapan ke Palangka Raya yaitu sekitar 15,5 jam. Dari Pontianak menuju Palangka Raya melalui jalan darat terhubung sejauh 1.042 KM. Perjalanan akan melalui beberapa kecamatan dan Kabupaten di Kalimantan Tengah seperti Kasongan, Sampit, Simpang Sebabi, Pangkalan Banteng, Simpang Runtu, Nanga Bulik(Lamandau), Kudangan. Terdapat Bus yang melayani perjalanan ini yaitu Bus Damri dan Bus Yessoe.

Lewat jalur udara menuju kota Palangka Raya terhubung dengan beberapa kota di Indonesia. Beberapa penerbangan langsung (direct flight) yang melayani rute ke Palangka Raya di jalankan oleh beberapa maskapai. Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air dan Wings Air. Berikut direct flight ke Palangka Raya :
  • Makassar - Palangka Raya (Wings Air)
  • Balikpapan - Palangka Raya (Garuda Indonesia, Wings Air)
  • Banjarmasin - Palangka Raya (Wings Air)
  • Pontianak - Palangka Raya (Garuda Indonesia)
  • Solo - Palangka Raya (Lion Air)
  • Surabaya - Palangka Raya (Citilink, Lion Air)
  • Jakarta - Palangka Raya (Garuda Indonesia, Lion Air)

Dengan mudahnya akses menuju ibukota Provinsi Kalimantan Tengah ini, beberapa jasa ekspedisi membuka cabangnya di Palangka Raya. Tercatat ada JNE, TIKI, J&T Express, BAM Logistic, Star Cargo,Royal Expres, Ninja Express, Wahana, Pos Indonesia, Mex Barlian.

Salah satu daya tarik Palangka Raya yang mendatangkan banyak wisatawan adalah objek wisatanya. Panorama alamnya yang menakjubkan memiliki karakter tersendiri. Yang dapat anda jadikan Spot Foto terbaik. Berikut daftar objek wisata yang bisa anda datangi saat berkunjung ke Palangka Raya :
  • Bukit Tangkiling
  • Bukit Batu
  • Danau Tahai
  • Pelabuhan Kereng Bangkirai
  • Pesona Alam Lestari
  • Rumah Adat Betang
  • Bukit Karmel Tangkiling
  • Museum Balanga
  • Taman Nasional Sebangau
  • Tugu Soekarno
  • Arboretum Nyaru Menteng (Penangkaran Orangutan)
  • Wisata Susur Sungai
  • Pulau Kaja
  • Sei Gohong
  • Kum-kum